UML (Unfied Modeling Language) adalah sebuah metode pemodelan (tools/model) secara visual sebagai sarana untuk merancang dan atau membuat software berorientasi objek dan memberikan standar penulisan sebuah sistem untuk pengembangan sebuah software yang dapa menyampaikan beberapa informasi untuk proses inmpementasi pengembangan software.

Pada UML terdapat jenis-jenis dan macam diagram-nya itu sendiri, yaitu :


Use Case Diagram


Use Case Diagram ini adalah yang menggambarkan apa saja aktifitas yang dilakukan oleh suatu sistem dari sudut pandang pengamatan luar.
Use Case Diagram berguna dalam tiga hal :
    1. Menjelaskan fasilitas yang ada (Requirements).
    2. Komunikasi dengan klien.
    3. Membuat test dari kasus-kasus secara umum.

Class Diagram


Diagram ini memberikan pandangan secara luas dari suatu sistem dengan menunjukan kelas-kelasnya dan hubungan mereka. pada diagram ini mempunya 3 buah hubungan (Relationships), sebagai berikut :
    1. Association.
    2. Aggregation.
    3. Generalization.

Package & Object Diagram


Diagram ini merupakan kumpulan elemen-elemen logika UML yang bertujuan untuk mengelompokan diagram kelas yang lebih kompleks. Diagram paket pada dasarnya adalah diagram kelas yang hanya menampilkan paket,disamping kelas dan hubungan ketergantungan, disamping kelas yang ditampilkan pada diagram kelas.

Diagram Sequence


Diagram ini merupakan salah satu diagram interaction yang menjelaskan bagaimanasuatu operasi itu dilakukan yang diatur berdasarkan waktu. diagram ini merupakan gambaran tahap demi tahap yang seharusnya dilakukan untuk menghasilkan sesuatu sesuai dengan use case diagram.

Diagram Collaboration


Diagram ini juga merupakan diagram interaction berfungsi membawa informasi yang sama dengan diagram sequence, tetapi lebih memusatkan atau berfokuskan pada kegiatan objek dari waktu informasi itu dikirimkan dan bukan pada waktu penyampaian message.


State Chart Diagram


Menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima. pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram).

Diagram Activity


Menunjukkan bagaimana aktifitas – aktifitas tersebut bergantung satu sama lain dan berfokus pada aktifitas – aktifitas yang terjadi yang terkait dalam suatu proses tunggal. Menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir

Diagram Component


Diagram Component adalah sebuah kode–kode modul yang merupakan fisik sebenarnya dari diagram Class Component diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti lunak, termasuk ketergantungan (dependency) di antaranya.

Diagram Deployment


Deployment/physical diagram menggambarkan detail bagaimana komponen di-deploy dalam infrastruktur sistem, di mana komponen akan terletak (pada mesin, server atau piranti keras apa), bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang bersifat fisikal.

0 Comments